Pondok Pesantren Al-Khoeriyah didirikan dengan sebuah cita – cita yang luhur yakni menyiapkan Generasi Qur’ani. Generasi yang istimewa dalam sejarah awal perjalanan Islam yang dibentuk oleh manusia agung yakni Rasulullah SAW. Generasi itu terkenal dengan Generasi Rabbani.


Lahirnya Generasi Qur’ani tentu saja didukung dengan interaksi yang komprehensif terhadap Al-Qur’an sehingga muncul kecintaan terhadap Al-Qur’an. Lembaga Pendidikan Pondok Pesantren Al-Khoeriyah ini di dalamnya memiliki Empat Unit Lembaga Pendidikan yaitu : Rumah Qur’an Al-Khoeriyah (Khusus Putri), Pondok Pesantren Al-Khoeriyah (Khusus Putra), SMP Islam Terpadu Al-Khoeriyah (Putra – Putri) dan Lembaga Pengembangan Dakwah Al-Khoeriyah (Para Pejuang Dakwah).


Selain Menerima santri dari kalangan keluarga berkecukupan Pondok Pesantren Al-Khoeriyah ini juga menerima santri yatim piatu dan dhu’afa yang semestinya mereka dibantu untuk mewujudkan cita-citanya menjadi anak yang dibanggakan oleh Rasulullah SAW.

Pondok Pesantren Al-Khoeriyah memiliki 3 konsep pendidikan, yakni:

1.Tahfidz Qur’an: Menggunakan metode yang dihimpun dari berbagai metode tahfidz Al-Qur’an dari beberapa Pondok Pesantren Tahfidz di Indonesia. Dan menyambungkan sanad dari pondok pesantren Tahfidz Daar Al-Qur’an Al-Islam (Slawi- Tegal-Jawa Tengah).


2.Program Salaf dan Khas Kepesantrenan: Memperdalam kitab – kitab kuning yang sesuai dengan Akidah Ahlusunnah Wal Jama’ah. Dengan metode yang diambil dari beberapa Pondok Pesantren yang terkemuka, bertujuan memberikan pemahaman bagi santri dengan cepat dan tepat dan menyambungkan sanad keilmuan sampai dengan mushannifnya.

3.Pendidikan Formal (SMP Islam Terpadu): Sesuai dengan kurikulum yang ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang dipadu dengan nilai – nilai dan muatan pelajaran Islami di dalamnya.

By admin

One thought on “Selayang Pandang”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *